loading...

Tanda Tanda Awal Kehamilan


Bagaimanakah tanda-tanda awal kehamilan  pada wanita atau istri anda? Dengan mengetahui tanda awal kehamilan maka pastinya akan membawa manfaat besar bagi kita dan menjaga calon bayi. Banyak wanita meyakini tanda-tanda kehamilan hanya melihat dari sudut pandang klasik yang mereka yakini saja, yaitu terlambat datangnya menstruasi.
Tanda awal kehamilanMemang betul, salah satu dari tanda kehamilan adalah terlambatnya menstruasi yang biasanya rutin tiap bulanya. Namun    harus diketahui juga bahwa terlambat datang bulan/ menstruasi tidak hanya disebabkan oleh kehamilan saja. Banyak faktor yang mempengaruhi, misalnya; pola makan, stress, letih, dan adanya gangguan hormonal. Agar kita tidak salah terka maka ada baiknya para wanita mengenal tanda-tanda kehamilan  yaitu:

Tanda kehamilan : Terjadi Perubahan Pada Payudara

Jika seseorang sedang hamil, maka akan terjadi perubahan pada buah dadanya yaitu payudara akan membesar. Hal tersebut disebabkan oleh meningkatnya produksihormon esterogen dan progesteron pada tubuh. Selain perubahan tersebut payudara juga terasa lebih lembut. Hal ini menimbulkan rasa sensitif  yang lebih pada wanita sehingga payudara akan terasa sakit atau nyeri saat dipegang. Puting susu membesar pula dan warnanya akan semakin gelap, kadang juga terasa gatal. Pembuluh vena pada payudara juga akan terlihat akibat penegangan payudara. Selain itu terjadi  aktivitas hormon HPL (Human Placental Lactogen). Hormon tersebut diproduksi oleh tubuh saat ibu mengalami kehamilan untuk mempersiapkan ASI bagi bayi anda ketika terlahir ke dunia.

Tanda Kehamilan: Munculnya bercak darah/ flek yang diikuti kram perut

Biasanya akan muncul bercak darah sebelum terjadinya menstruasi yang akan datang, biasanya terjadi antara 8-10 hari setelah terjadinya ovulasi. Bercak darah ini diakibatkan oleh implantasi (implantation bleeding) atau menempelnya embrio pada dinding rahim. Munculnya bercak darah pada saat kehamilan kadang disalah artikan sebagai menstruasi.
Selain itu, wanita hamil juga biasanya sering kram perut. Kram perut pada kondisi terjadinya kehamilan akan terjadi secara teratur. Dan kondisi kram pada perut ini,  akan terus berlanjut sampai kehamilan memasuki trimester kedua. Sampai letak uterus posisinya berada ditengah dan disangga oleh panggul.

Tanda Awal Kehamilan: Mual dan muntah (Morning sicknes)

Hampir sekitar 50% wanita yang mengalami kehamilan akan memiliki tanda-tanda ini yaitu mual dan muntah. Penyebabnya adalah meningkatnya hormon secara tiba-tiba dalam aliran darah. Hormon tersebut adalah HCG (Human chorionic Gonadotrophin).
Selain pada darah, peningkatan hormon ini juga terjadi pada saluran air kencing. Maka dari itu alat test pack/ test kehamilan dilakukan melalui media air seni. Hal ini dilakukan untuk mengukur terjadinya peningkatan kadar hormon HCG tersebut. Peningkatan hormon ini akan menyebabkan efek pedih pada lapisan perut dan menimbulkan rasa mual.
Rasa mual ini umunya akan hilang dengan sendirinya ketika kehamilan memasuki trimester kedua. Jika, rasa mual dan muntah masih terjadi pada usia kehamilan trimester kedua, maka ada baiknya anda periksakan segera ke dokter terdekat.
Mual dan muntah ini biasa terjadi pada pagi hari atau morning sickness. Namun tak jarang juga, mual dan muntah dapat terjadi pada siang dan malam hari. Bahkan tak jarang juga morning sickness terjadi hanya ketika si ibu mencium aroma atau wewangian tertentu.

Tanda Awal Kehamilan: Sering kencing (Frequent Urination)

Dalam beberapa kasus banyak juga yang mengalami sering kencing. Ini disebabkan janin yang tumbuh di rahim menekan kandung kemih dan akibat adanya peningkatan sirkulasi darah. Selain itu kandung kemih lebih cepat dipenuhi oleh urine dan keinginan untuk buang air kecil menjadi lebih sering. Peningkatan rasa buang air kecil juga disebabkan oleh peningkatan hormon kehamilan. Walaupun buang air kecil ini sering, jangan sampai membatasinya atau menahannya. Selain itu hindarkan dehidrasi dengan lebih meningkatkan asupan cairan ke dalam tubuh.

Tanda Tanda Awal Kehamilan: Pusing dan sakit kepala (Headaches)

Masalah sering pusing pada wanita hamil umumnya disebabkan oleh; rasa lelah, mual, lapar dan tekanan darah, rendah. Sedangkan penyebab emosional yaitu adanya perasaan tegang dan depresi juga pengaruh hormonal. Selain itu peningkatan pasokan darah ke seluruh tubuh yang kurang lancar menyebabkan pusing saat ibu berubah posisi atau bergerak.

Tanda Tanda Awal Kehamilan: Rasa lelah dan mengantuk yang berlebih (Fatigue)

Tak jarang juga ibu hamil sering mengantuk, hal ini disebabkan karena terjadi perubahan perubahan hormonal. Hal ini pun akibat kinerja dari beberapa organ vital seperti ginjal, jantung, dan paru-paru, semakin bertambah. Organ-organ vital ini tidak hanya bekerja untuk mencukupi kebutuhan ibu saja, namun juga untuk pertumbuhan dan perkembangan janin. Perut ibu yang semakin membesar seiring dengan bertambahnya usia kehamilan juga memberikan beban tersendiri bagi tubuh ibu.

Tanda Kehamilan: Sering meludah (hipersalivasi)

Tanda kehamilan yang satu ini terjadi akibat pengaruh perubahan hormon estrogen, biasanya terjadi pada kehamilan trimester pertama. Kondisi ini pun akan menghilang dengan sendirinya menghilang setelah kehamilan memasuki trimester kedua

Tanda Kehamilan: Naiknya temperatur basal tubuh

Jika terjadi kehamilan atau ovulasi, maka suhu basal tubuh ibu akan meningkat. Kondisi ini akan bertahan selama terjadinya kehamilan. Kondisi ini tidak akan turun ke kondisi sebelum terjadinya ovulasi.
loading...

Subscribe to receive free email updates: