loading...

HAL HAL YANG DIKERJAKAN SEORANG COPYWRITER



Bekerja di industri kreatif sebutan untuk pekerjaan sebagai copywriter tentu sudah tidak asing lagi. Copywriter merupakan sebutan untuk mereka yang bekerja menulis konten kreatif untuk tujuan mempromosikan atau menginformasikan.

Tidak semua pekerjaan sebagai copywriter berhubungan dengan iklan, ada penulis untuk konten berita yang berfungsi untuk menginformasikan. Apakah seorang penulis buku seperti novel, atau komik juga disebut copywriter? Menurut saya bukan.

Sebenarnya dikutip dari artikulatemarketing copywriter tidak memiliki definisi yang dapat menggambarkan hal tersebut secara spesifik. Peran dari seorang coptwriter biasanya bertujuan untuk mempromosikan sebuah produk atau jasa.

Peran dari pekerjaan seorang sebagai copywriter tentunya akan berhubungan dengan citra perusahaan atau brand tertentu. Selain memahami definisi maka, kamu perlu memahami apa yang dilakukan oleh seorang copywriter.

Deskripsi Pekerjaan Seorang Copywriter

Pekerjaan sebagai copywriter bukanlah pekerjaan yang mudah butuh skill atau kemampuan khusus untuk mendapatkan posisi tersebut. Pekerjaan ini dapat berhubungan dengan surat kabar, media online, TV dan bahkan radio. Menjadi copywriter untuk media online akan berbeda dengan media TV dan Radio bahkan dengan surat kabar.

Membuat iklan untuk media online akan tentu membutuhkan iklan banner dan kampanye online. Oleh karena itu, kamu harus memahami bagaimana pembuatan iklan untuk media-media tersebut.

Menyajikan Konten Iklan Yang Kreatif

Bekerja yang berhubungan dengan iklan tentu menuntut tingkat kreativitas yang tinggi. Bisa dikatakan bahwa posisi ini dapat diisi oleh mereka yang benar-benar memiliki bakat untuk berkreasi. Pekerjaan yang berhubungan dengan industry iklan tentunya berhubungan dengan pemasaran.

Pemasaran yang dimaksud bukan menjual produk atau sales tetapi lebih mengarah kepada bagaimana kamu bisa memproduksi iklan untuk memasarkan produk. Seperti yang dijelaskan bahwa pekerjaan ini berhubungan dengan citra perusahaan dan bran tertentu maka, kamu dituntut untuk memberikan konten yang menarik.

Menarik di sini berhubungan dengan menarik untuk dibeli atau digunakan oleh konsumen. Biasanya juga seorang copywriter akab bekerja dengan deadline.

Melakukan Pengamatan

Sebelum kamu membuat konten iklan untuk suatu produk tertentu kamu perlu melakukan pengamatan atau observasi. Pengamatan dilakukan untuk mengetahui konten seperti apa yang sesuai dengan target sasaran dan isu apa yang sedang hits.

Penyesuaian antara konten dengan produk tentu harus dipertimbangkan. Tidak hanya kreatif namun, konten juga harus menjual. Salah satu kekuatan yang dimiliki dalam pekerjaan ini adalah penggunaan kata-kata.

Biasanya kamu perlu melakukan perencanaan yang tepat sebelum merealisasikannya. Biasanya kamu juga perlu melakukan wawancara, penelitian dan melakukan editing untuk produk atau jasa yang akan menjadi project kamu.

Kamu Akan Menjadi Siapapun
Maksudnya adalah pekerjaan sebagai copywriter berhubungan dengan target sasaran dank lien kamu. Membuat produk iklan untuk anak kecil akan berbeda dengan membaut produk iklan untuk orang dewasa.

Hal tersebut tentunya membutuhkan penempatan diri kamu saat membuat konten. Bagaimana kamu bisa memposisikan diri kamu sebagai anak kecil ketika membuat iklan. Selanjutnya, bagaimana kamu menempatkan diri kamu sebagai orang dewasa untuk produk orang dewasa.

Kamu juga akan berhubungan dengan klien di mana ada ketentuan atau keinginan klien yang berbeda-beda. Adapun keinginan klien tentu akan kamu ikuti dan tergantung pada bagaimana kamu bisa menyesuaikan keinginan klien dengan konsep atau konten yang kamu akan buat. Menyesuaikan antara keinginan klien dan konsep kamu serta ketentuan dari biro atau agensi iklan kamu bukanlah hal yang mudah.

Memahami Ketentuan Dari Berbagai Media

Penulisan konten untuk iklan setiap media memiliki karakteristik tertentu. Penulisan konten iklan untuk media sosial Twitter berbeda dengan penulisan untuk konten iklan media Instagram. Jumlah karakter di Twitter memiliki keterbatasan yang di mana konten iklan yang kamu buat harus jelas dan mudah dipahami dengan karakter yang terbatas.

Penggunaan konten iklan di Instagram memiliki perbedaan antara konten yang di post dengan konten untuk Instagram Story. Penulisan konten iklan untuk blog akan memiliki perbedaan tentunya seperti penggunaan kata yang tidak terbatas dan dapat membuat konten iklan lebih lengkap.

Melakukan pekerjaan sebagai copywriter membutuhkan pengalaman dan tingkat kreativitas yang tinggi. Oleh karena itu, bagi kamu penting untuk terus belajar dan mengasah bakat yang kamu miliki.

Penting untuk diketahui bahwa pekerjaan sebagai copywriter tidak diharuskan bagi mereka yang memiliki gelar sarjana. Bagi kamu yang tidak memiliki gelar sarjana juga bisa menjadi copywriter.

Akan tetapi, perusahaan biasanya akan lebih menyukai mereka yang memiliki gelar sarjana. Khusus untuk kamu yang bekerja sebagai copywriter tanpa gelar sarjana kamu bisa mempublikasikan hasil-hasil kerja kamu di beberapa situs portofolio untuk menunjukkan kemampuan yang kamu miliki.
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "HAL HAL YANG DIKERJAKAN SEORANG COPYWRITER"