loading...

TIPS AGAR RAJIN OLAGRAGA PAGI


Olah raga pagi memang memberi energi tambahan, sekaligus kesempatan mendapat manfaat dari matahari pagi. Tapi, berolahraga pagi juga kerap tak terjadi karena berbagai alasan. Terutama, karena rasa malas.

''Orang yang berolahraga di pagi hari umumnya akan lebih konsisten berolahraga karena belum ada banyak halangan di pukul 06.00 ketimbang di pukul 18.00,'' ujar Chris Freytag, pakar fitness dan anggota dewan American Council on Exercise.

Ia pun menyarankan beberapa hal agar berolahraga bisa rutin dilakukan di pagi hari. Pertama, buat jadwal olah raga yang spesifik.

Jangan hanya katakan, besok saya akan berolahraga di pagi hari. Ciptakan rencana yang terorganisir, seperti jam berapa akan berolahraga, olah raga apa yang akan dilakukan. Yang perlu dilakukan di pagi hari kemudian hanya bangun tidur dan bergerak. Karena itu luangkan waktu di Ahad untuk menulis rencana olah raga selama sepekan. Contohnya, jika pada Selasa ada rapat pagi kantor, lupakan jadwal berlari dan ganti dengan olah raga ringan di rumah.

Kedua, awali haru dengan air putih. Kebanyakan orang akan meraih segelas kopi untuk membangunkan mereka di pagi hari. Tapi, kopi bukan pilihan terbaik jika menginginkan energi untuk beroahraga.

Tamal Dodge, instruktur yoga, mengatakan minum dua gelas air ketimbang secangkir kopi. Air putih membantu memberi energi yang akan memotivasi orang melewati rutinitas pagi.

Kemudian, menghadiahkan diri sendiri juga perlu. Usai rutin berolahraga pagi selama dua pekan, hadiahkan diri sendiri dengan pijatan di spa atau rileksasi di salon.

Freytag mengatakan, hal tersebut membantu memotivasi diri agar berhasil menjalankan olah raga rutin. Bahkan ia menyarankan memberikan diri sendiri hadiah yang besar bila berhasil menaati rutinitas olah raga dalam waktu lama.

Nasihat terakhir adalah minimalkan upaya yang harus ditempuh untuk berolahraga pagi. Jika mengenakan sepatu olah raga atau memanaskan kendaraan untuk berangkat ke gym terlampau berat, lakukan olah raga di rumah. Seperti menyetel DVD yoga atau senam di rumah sembari mengenakan baju tidur. Atau bahkan, cukup nyalakan lagu kegemaran dan mulai menggerak-gerakkan pinggul.

REPUBLIKA.CO.ID, 
loading...

Subscribe to receive free email updates: