loading...

CARA MENGATASI RASA TAKUT PADA ANJING


Selama ini, anjing menjadi salah satu binatang yang paling ditakuti. Gonggongan yang mengancam, ditambah deretan gigi yang tajam membuat banyak orang yang memilih lari ketika berpapasan dengan binatang yang satu ini.

Padahal, lari adalah hal yang sangat tidak dianjurkan ketika kita takut pada anjing. Menurut pakar anjing ternama, Cesar Millan pada dasarnya anjing tidak pernah memiliki keinginan untuk menggigit manusia.

Anjing, kata dia, adalah binatang yang membaca energi manusia sebagai salah satu sifat utamanya. "Ketika Anda takut anjing, hal paling tepat yang harus dilakukan adalah diam dan hindari kontak mata," ujar Millan, ketika ditemui di Jakarta, akhir pekan ini.

Menurut pria yang telah menggeluti dunia pelatihan anjing selama lebih dari 20 tahun ini, ketika kita diam, anjing akan berusaha mengenali Anda dengan melihat dan berjalan berkeliling. Hal ini, lanjutnya, akan menimbulkan timbulnya rasa percaya anjing pada kita.

Lain halnya ketika kita memilih segera mengambil langkah seribu. "Sudah menjadi insting dari semua predator untuk mengejar objek yang berlari dan menganggapnya sebagai mangsa," kata Cesar.

Tidak hanya berlaku pada anjing, hal yang sama juga bisa diterapkan pada beruang. Beruang yang mengaum, menurut Cesar, adalah caranya untuk menegaskan wilayah. Ketika kita berlari, sikap tersebut justru bisa berujung bahaya.
REPUBLIKA.CO.ID, 
loading...

Subscribe to receive free email updates: