loading...

CARA MEMILIH MODEL KERAH WANITA YANG COCOK

CARA MEMILIH MODEL KERAH WANITA YANG COCOK

Memilih pakaian yang kita inginkan mungkin sangat mudah, namun bagaimana dengan model kerah baju wanita yang ada pada pakaian tersebut ? Apakah model baju berkerah tersebut cocok dengan bentuk wajah, leher, dan bentuk tubuh kita? 

Macam Model Kerah Baju Wanita

Kerah adalah salah satu bagian busana yang memberikan keindahan pada busana. Kerah menempel di bagian lingkar leher, sehingga menjadi hiasan untuk bagian leher busana. Kerah juga memberikan kenyamanan pada pemakai seperti mempertimbangkan iklim pada suatu daerah. 

Bentuk dan model kerah bermacam-macam, penerapan bentuk dan model kerah pada busana pun berbeda tergantung dari model, jenis busana, dan kesempatan penggunaan busana tersebut.

Bentuk dasar dan model kerah terdiri dari :

1. Kerah Rebah (Flat Collar)
Kerah yang letaknya merebah sekeliling badan dan bahu tanpa penegak. Ciri-ciri yang dapat dijadikan patokan untuk menentukan bentuk dan model kerah rebah yaitu dari penegaknya. Bila di bagian belakang tidak ada penegaknya berartikerah rebah.

Variasi bentuk kerah rebah ini, diantaranya seperti, kerah peterpan, cape, bib danbertha. Variasi bentuk kerah rebah seperti ini biasanya kita dapatkan di dressatau blouse.

Variasi Kerah Rebah

Variasi Model Kerah Rebah

2. Kerah Setengah Tegak (Roll Collar)

Kerah Setengah Tegak atau Setengah Berdiri atau Kerah Roll (Roll Collar), adalah kerah yang memiliki penegak di bagian belakang sehingga bentuknya tegak di belakang dan merebah di muka, cirinya bagian belakang nampak lebih tinggi karena ada penegaknya.

Variasi bentuk kerah setengah tegak adalah kerah lapel, eton, notched, dan kelasi. Variasi bentuk kerah semacam ini biasanya bisa kita temukan pada blazer ataujaket.
Variasi Kerah Setengah Tegak

3.Variasi Kerah Tegak (Stand Collar)

Kerah Tegak atau Berdiri (Stand Collar) adalah kerah yang letaknya tegak di sekeliling leher dan hampir menutupi setengah panjang leher, jika dilihat dibagian belakang tampak tegak dan tinggi.

Variasi bentuk kerah berdiri adalah kerah model chinese dan turtleneck. Variasi bentuk kerah ini bisa kita dapatkan di pakaian model cheongsam atau sweater.
Variasi Kerah Berdiri / Kerah Tegak

Variasi Stand Collar

================================

Contoh Variasi Kerah

Kerah V-neck

Kerah baju V-neck selain memberikan kesan lebih tinggi buat kamu yang suka pake, kerah jenis ini juga bisa menyamarkan lebar bahu kamu dan juga membuat panjang leher kamu terlihat lebih tinggi. Jadi selain nambahin tinggi badan kamu leher kamu juga ikutan tingginya.

Kerah V Neck

Kerah O-neck
Nah kalau Kerah O-neck kelebihannya yaitu selain memberikan kesan menambah tinggi badan dan leher juga dapat membuat dada kamu terlihat lebih besar.

Kerah O-neck
Kerah Boat neck

Kerah Boat neck
Nah sekarang kalau misalkan kamu punya garis belah di dagu, sebaiknya model kerah baju wanita yang kamu pilih adalah yang berjenis Boat neck seperti foto yang terpampang diatas

Kerah Scoop neck

Kerah Scoop neck (saressville.com)
Kalau yang Scoop neck (bentuk U) gunanya buat nyamarin (menyeimbangkan) lebar wajah jika wajah kamu lebar. Tapi kalau kamu memiliki lebar wajah yang tidak terlalu lebar sebaiknya jangan menggunakan model seperti ini.



Model Kerah Batik (klikplaza.com)


Model Kerah Chinese (fashionbeauty.perempuan.com)

Model kerah Turtleneck

Tips dan Trik Memilih Busana Berkerah

  • Jika bentuk leher tinggi sebaiknya menggunakan kerah tinggi atau menutupi sebagian leher seperti kerah kemeja, kerah mandarin dan lain-lain. 
  • Sebaliknya leher yang pendek atau rendah, pilih kerah yang agak rebah seperti kerah rebah, ½ berdiri, cape atau palerin.
  • Untuk wanita yang gemuk jangan menggunakan kerah yang ketat atau tertutup hingga ke leher. Itu akan membuat mereka terlihat lebih sesak. Kerahnya bisa pakai model V neck atau model U atau kerah terbuka lain.
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "CARA MEMILIH MODEL KERAH WANITA YANG COCOK"