loading...

Pengaruh Buruk Gadget Bagi Kesehatan



Perkembangan teknologi, khususnya di bidang alat komunikasi dan alat elektronik portabel, tidak selamanya membawa kebaikan bagi si pengguna jika tidak dipergunakan dengan bijak.

Menurut hasil studi para peneliti dari Jurusan Ilmu Rehabilitasi Universitas Politeknik Hongkong, penggunaan perangkat elektronik secara berlebihan berisiko terserang gejala musculoskeletal, sistem kompleks yang melibatkan otot-otot dan kerangka tubuh, dan termasuk sendi, ligamen, tendon, dan saraf.

Temuan itu didapat melalui analisa dan survei data sekitar 1.049 orang dewasa dan anak-anak di Hongkong selama lebih dari tiga tahun. Hasilnya, peneliti mengungkapkan sebanyak 70% (sekitar 734 orang) dewasa dan 30 % (314) anak-anak dan remaja mengalami masalah musculoskeletal di berbagai bagian tubuh mereka akibat penggunaan perangkat elektronik, seperti nyeri pada bagian leher, bahu, pergelangan tangan, dan sakit tangan.

Diungkapkan pula bahwa risiko perkembangan gejala musculoskeletal di berbagai bagian tubuh akan meningkat signifikan jika tidak diimbangi dengan aktivitas olahraga. (Sciencedaily/Haufan Hasyim Salengke)
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengaruh Buruk Gadget Bagi Kesehatan"