loading...

Tips Sukses Belajar Di Perguruan Tinggi

Tips Menjadi Mahasiswa Baru.




Hmm.. tahun akademik baru sebentar lagi akan dimulai. apakah kamu termasuk mahasiswa yang baru? wah, jika kamu termasuk mahasiswa baru, kali ini di blog tulisan remaja akan membahas10 tips menjadi mahasiswa baru.Mungkin kamu bisa juga membaca Tips tips menghadapi kakak senior saat ospek sebagai modal kamu memasuki dunia kampus. Ya, mahasiswa memang sedikit berbeda jika di bandingkan dengan keadaan saat masih di bangku SMA. Lingkungan baru, teman teman baru, sistem pembelajaran yang baru mungkin saja dapat membuat kamu kesulitan dalam menjalani kuliah perdana kamu.

Nah, kali ini kita akan membahas 10 tips menjadi mahasiswa baru namun, sebelumnya tulisan remaja mengatakan bahwa artikel ini bukanlah bermaksud mengajarkan kepada teman teman. melainkan ini hanya merupakan sekumpulan pendapat saja, setelah kurang lebih setahun menjadi mahasiswa, tulisan remaja menganggap inilah beberapa tips menjadi mahasiswa baru yang ideal.

1. Rumuskan Cita cita Kamu

Tujuan kamu kulliah apa? mengejar cita cita mungkin merupakan salah satu tujuan kuliah kita. awal masa perkuliahan merupakan titik awal yang sangat menentukan masa depan kuliah kamu. merumuskan kembali cita cita kamu adalah hal yang sangat penting sebagai awal kesuksesan kamu di universitas. jika mungkin awalnya kamu kesulitan menentukan pilihan program studi kamu, maka cita cita akan sangat membantu kamu dalam memilih program studi yang tepat. jika sudah dapat program studi yang cocok, sekarang kembali berpikir, jika kuliah sudah selesai, saya akan menjadi apa? agar tidak salah, rumuskanlah kembali cita cita kamu sejak awal.

2. Targetkan IP Kamu Sejak Awal

Sebagai mahasiswa baru, mungkin kamu belum mengenal yang namanya IP. IP adalah singkatan dari indeks prestasi, hasil akademik kamu selama satu semester. ada juga dikenal istilah IPK (Indeks Prestasi Kumulatif) yang merupakan gabungan IP IP setiap semester. sebagai mahasiswa baru, menargetkan IP sejak awal akan sangat membantu kamu menjadi mahasiswa yang hebat. sesuaikanlah dengan cita cita yang sudah kamu rumuskan, jika kamu ingin lanjut di program S2 yang berkualitas, maka IP tinggi adalah harga mati. tapi jika kamu hanya ingin menjadi seorang politikus, yang lebih suka berorganisasi, IP Yang secukupnya saja, asalkan lulus tentunya.

3. Ikutilah Banyak Seminar di Kampus

Di kampus, tidaklah seperti di sekolah. jika di sekolah hanya ada beberapa organisasi saja, maka di kampus kamu dapat menemukan sangat banyak organisasi. misalnya kalau di kampus penulis, ada yang namanya Lingkar studi ilmiah dan penalaran (LSIP), Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia (KMHDI), Himpunan Mahasiswa Prodi Tertentu, Organisasi organisasi islam, dan lain lain. biasanya, organisasi organisasi seperti itu sering mengadakan seminar seminar. jika ada, ikutilah banyak seminar seminar. di sana kamu akan banyak menemukan ide ide untuk bisa kamu kembangkan di kampus.

4. Pandai Memilih Teman Baru

Memilih teman juga merupakan kunci keberhasilan kamu dikampus. memilih teman, berarti kamu memilih masa depan kamu. yakin saja, kamu akan kesulitan menjadi mahasiswa hebat jika kamu tidak berteman dengan orang orang yang hebat. begitu pula sebaliknya, kamu akan kecipratn ilmu jika kamu berteman deengan orang orang yang rajin belajar. ya, pilihlah teman baru yang baik, berkualitas, karena itu sedikit banyak akan sangat mempengaruhi pribadi kamu. sekali lagi, memilih teman, berarti memilih masa depan.

5. Kurangi Kebiasaan Begadang

Nah, ini yang biasanya sangat sulit di hindari mahasiswa baru. begadang memang tidak dapat dihindari. apalagi jika kamu masuk di jurusan ilmu pengetahuan alam, menurut pengalaman, mahasiswa MIPA di semetser awal akan di serang oleh tugas tugas praktikum yang sangat padat. ini biasanya banyak mahasiswa terpaksa untuk begadang. padahal begadang sangatlah buruk untuk kondisi tubuh saat perkuliahan.sebaiknya minimalkan waktu begadang kamu, caranya mudah saja, kamu dapat mengerjakan semuanya di saat waktu luang di siang hari. percepatlah makan, mandi, kurangi waktu main game, main facebook, dan jalan jalan. pergunakan waktu kamu sebaik baiknya.

6. Temukan Cara Belajar Yang Paling Ideal

Ini juga merupakan kunci kesuksesan buat kamu di dunia kampus. setiap orang memang memiliki banyak cara belajar efektif yang berbeda beda. ada yang suka belajar di malam hari, ada juga yang suka belajar di malam hari bahkan di saat subuh subuh sebelum pagi. eksplorasilah terus cara belajar kamu, coba semua gaya belajar yang kamu tau, sampai kamu menemukan cara belajar yang paling baik buat kamu. jika sudah, gunakan terus gaya belajar itu, dan sukseslah menjadi mahasiswa.

7. Jangan Gegabah Mengikuti Organisasi

Organisasi memang penting buat kita. apalagi dikampus, begitu banyak organisasi bermacam jenis yang kamu dapat temukan. dalam mengikuti organisasi, sebaiknya kamu pertimbangkan dulu, jangan gegabah. kembali ke tujuan awal kamu, apakah kamu ingin mendapatkan IP tinggi? waktu belajar wajib ada buat kamu, oleh karenanya, pilihlah organisasi yang sekiranya tidak mengganggu waktu belajar kamu.

8. Bersenang senanglah Sesekali

Hmmm.. Sebagai mahasiswa baru, kamu mungkin sangat merasakan perbedaan antara cara belajar kamu waktu SMA dengan Cara belajar di dunia kampus. begitu banyak tekanan yang akan kamu hadapi dalam masa perkuliahan awal kamu, mulai dari tugas tugas yang menumpuk, jadwal ujian yang padat, aktivitas organisasi, dan lain lain. saat pressure begitu banyak, kamu tentu saja memerlukan kegiatan bersenang senang. tapi, cobalah kegiatan fun yang berbeda dari kebiasaan kamu waktu SMA. jika wakru SMA kamu suka bersenng senang di mall, maka sekarang cobalah melakukan kegiatan yang lebih bermanfaat, misalkan olahraga, dan lain lain.

9. Jangan Cepat Down

Dalam dunia kampus, memang sering terjadi masalah masalah yang sangat tidak terduga sebelumnya. begitu banyak kesulitan kesulitan yang kamu akan hadapi. tapi sebaiknya kamu tetap tenang, anggap saja kesuitan kesulitan kamu itu sebagai pelatihan akan diri kamu yang terus berkembang. ingat, seseorang bisa menjadi hebat, karena banyak belajar dari masalah.oleh karenanya, jadikanlah masalah sulit kamu sebagai guru bagi kamu menuju arah perbaikan. jika kamu selalu mendapatkan yang ampang gampang saja, maka kamu tidak akan berkembang. kemampuan kamu akan segitu saja, jadi, tetaplah tenang dalam menghadapi dalam menghadapi masalah yang sulit sekalipun.

10. Rajin Berolahraga

Masalah yang paling sering di hadapi dalam perkuliahan adalah badan loyo dan mengantuk. mungkin tidak semua mengalami, tapi yakin saja, paling tidak satu kali kamu pasti pernah mengalaminya. penulis tulisan remaja juga sering mengalaminya. rajin berolahraga, tentu saja akan membantu kamu menghilangkan rasa ngantuk saat perkuliahan. biasakanlah berolahraga ringan, misalkan lari pagi, kamu akan merasakan kebugaran tubuh kamu. dengan demikian, perkuliahan kamu akan berjalan dengan menyenangkan.
loading...

Subscribe to receive free email updates: