loading...

TIPS MEMILIH NAMA DOMAIN

Domain anda adalah pusat dari identitas web anda. Jadi ada beberapa hal yang musti anda pertimbangkan dalam memilih nama yang akan mewakili web anda di internet. berikut adalah beberapa tips untuk anda.



  1. Hindari Nama Yang Panjang. Walaupun ada beberapa tempat yang memperbolehkan anda untuk mendaftarkan sebuah nama domain sampai 63 karakter, tapi perlu anda ingat bahwa nama itu semakin singkat semakin mudah diingat, dan semakin mudah diketik dalam browser. Aturan umumnya sih jangan sampai lebih dari 7 karakter. ("cekdisini.com" lebih dari 7 karakter . . . tapi tetap mudah diingat kan? hehehehe . . . )
  2. Cari Extension Domain Yang Sesuai. Ada banyak extension domain, seperti misal : .com, .net, .tv, .info dsb. gunakan extension yang sesuai dengan website anda, jika website anda adalah website komersial/bisnis gunakan .com, jika merupakan tv streaming gunakan .tv, akan memberikan gambaran yang jelas pada nama domain anda.
  3. Hindari Penggunaan Nama Merek Terkenal. Secara etika bisnis, tidak etis jika kita menggunakan nama merek terkenal suatu perusahaan. Oke mungkin dulu pernah ada cerita tentang orang yang membeli semua nama-nama merek terkenal dengan harapan mendapatkan jutaan dollar dari hasil menjual nama-nama domain itu ke perusahaan pemilik merek tersebut. Kalau dulu mungkin cara itu berhasil, tapi sekarang, perusahaan-perusahaan tersebut cukup mengutus pengacaranya, dan anda kemungkinan besar akan berakhir dipenjara atau didenda puluhan juta dollar atas pemakaian merek tanpa ijin. (ouch !!!)
  4. Daftarkan Sekarang Juga !!. Saya pernah mempunyai pengalaman yang pahit, saya menemukan sebuah nama domain yang luar biasa cocok untuk website saya, ketika saya mengecek nama domain tersebut ternyata masih belum ada pemiliknya. sayangnya saya menunda pembelian nama domain tersebut sampai besok, ketika besok saya ingin mendaftarkan domain tersebut, ternyata domain tersebut sudah ada pemiliknya. Jadi INGAT !!!, segera daftarkan nama domain anda sebelum didahului org lain. (Daftarkan domain anda walaupun anda masih belum punya website!)
  5. Satu Domain Belum Cukup. Tidak ada salahnya jika anda membeli nama domain lebih dari satu. jika anda sudah punya "domainsaya.com" maka tidak ada salahnya mendaftarkan "domainsaya.net" atau "domainsaya.info" dengan begitu identitas web anda terjaga dengan baik. (salah satu cara menutup persaingan dalam penggunaan nama domain yang sama)
  6. Gunakan Type Karakter Yang Baik. Hindari penamaan dengan penggabungan antara karakter huruf dan angka, seperti misal : "d0m41ns4y4.com" karena selain sulit diingat juga susah untuk diketik. Gunakan karakter huruf dan angka secara baik dan berkesinambungan seperti misal : "djarum76.com"
  7. Minta Pendapat Orang Lain. Tidak ada salahanya meminta pendapat orang lain mengenai nama domain yang anda pilih karena mereka secara tidak langsung adalah calon pengunjung website anda nantinya.
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "TIPS MEMILIH NAMA DOMAIN"