loading...

CARA BERHEMAT DARI DAPUR


DIAKUI atau tidak, memasak membutuhkan waktu, mulai dari persiapan, menyajikan, hingga membersihkan dapur. Terdapat beberapa trik untuk Anda bisa menghemat waktu di dapur.

Agar waktu Anda tidak terbuang banyak di dapur, berikut siasatnya, seperti dilansir Shape:

Gabungkan protein dengan karbohidrat

Menghemat waktu dalam memasak memang sangat diperlukan agar makanan masih dalam keadaan hangat saat disantap. Bila Anda harus memasak satu persatu, waktu yang dibutuhkan jelas semakin lama.

Anda bisa menggabungkan bahan makanan yang memiliki kadar protein dengan karbohidrat, tentu saja cita rasanya jauh lebih enak. Selain menghemat waktu, cara inipun bisa dilakukan untuk menghemat uang.

Ganti nasi dengan roti

Memasak nasi butuh waktu lama, Anda bisa mengganti asupan karbhohidrat dengan roti. Konsumsilah roti yang terbuat dari gandum. Selanjutnya, roti bisa Anda konsumsi dengan sup.

Biarkan makanan dalam wajan atau panci

Jika Anda masih ingin bersantap siang atau malam dengan menu yang sama, lebih baik ambil makanan yang masih berada di wajan atau panci seusai Anda memasaknya. Cara ini bisa menghemat waktu ketimbang harus dipindahkan ke piring saji.

Siapkan camilan

Sebelum membuat sajian makan malam, Anda bisa menyiapkan camilan. Pilih saja camilan yang mudah dibuat, jadi selama menunggu makanan berat, perut Anda tidak akan terlalu tersiksa karena menahan lapar.

Potong satu kali untuk digunakan beberapa resep

Tak perlu menghabiskan waktu Anda hanya untuk memotong bawang putih, bawang merah, dan bumbu lainnya. Potong bumbu-bumbu tersebut dalam sekali proses pemotongan bila Anda bermaksud mengolah banyak resep menggunakan bumbu yang sama. Cara ini bisa dilakukan saat Anda mengolah jenis makanan dalam jumlah banyak. 


Campurkan semua bahan

Membuat sendiri pancaket atau kuah pedas untuk ragam menu (warm chili) saat hari libur tentu merepotkan. Pastikan Anda menakar bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat olahan tersebut kemudian mencampurkannya dalam kantong plastik. Cara ini memungkinkan Anda tidak repot mengambil bahan dalam beberapa kaleng ataupun kotak penyimpanan, dengan satu sendok yang mungkin dapat mengotori semua bahan.

Cuci dahulu, masak belakangan

Setelah pulang belanja, segera cuci sayuran dan bumbu yang Anda beli. Anda akan mampu menyajikan makanan sehat bila sayuran dan bumbu dicuci dengan sangat baik. Keringkan dengan handuk kertas lalu simpan dalam kantong plastik kedap udara. Selanjutnya, Anda bisa memakainya kapanpun dibutuhkan.

Stok bahan makanan

Siapkan beberapa bahan makanan dalam kemasan toples, kotak, ataupun kaleng, jadi saat ingin memasak cepat, Anda bisa memanfaatkannya segera.

Sekali belanja

Bila Anda berencana memasak dalam porsi besar, upayakan untuk menuliskan kebutuhannya dalam sebuah daftar belanja. Belanja bisa dilakukan pada akhir pekan, jadi Anda bisa menggunakannya sepanjang pekan berikutnya.

Siapkan sebelumnya

Untuk bisa menghemat waktu mengolah makan malam, persiapkan kebutuhan yang akan Anda gunakan untuk memasak di jam-jam sebelum malam. Jika tidak memiliki banyak waktu, Anda akan kehabisan waktu yang justru bisa merusak hasil olahan.
(ftr) 
http://www.okefood.com
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "CARA BERHEMAT DARI DAPUR"