loading...

Mengenal Tanaman Bambu Rezeki Atau Bambu Hoki



Di luar negeri bambu rezeki dijuluki lucky bamboo atau fortune bamboo. Ia sebenarnya bukan keluarga bambu. Hanya karena bentuknya beruas-ruas seperti bambu, orang pun lantas menyebutnya sebagai bambu. Konon, bambu ini memiliki hoki. Benarkah?

Sesungguhnya bambu rezeki adalah Dracaena Sanderiana atau sering disebut ribbon plant. Tumbuhan ini banyak macamnya. Misalnya Dracaena Reflexa alias Song of India yang umum dijadikan daun potong. Dracaena Tricolor untuk tanaman lanskap. Bahkan ada juga Dracaena yang digunakan untuk pewarna kue.

Dracaena Sanderiana banyak ditanam sebagai komponen taman maupun berdiri sendiri. Ada juga yang ditanam di pot. Bentuk daunnya membulat dan jatuh. Warnanya hijau polos, ada juga yang bergaris putih. Semuanya bisa dirangkai menjadi bambu rezeki.

Banyak yang percaya, rangkaian bambu rezeki tak hanya elok dipandang, tapi juga bisa mengubah keberuntungan. Ia bahkan direkomendasikan oleh master feng shui dan praktisi yang ingin memodifikasi ruangan agar terasa nyaman dan berenergi.

Bambu rezeki merupakan bahan yang ditumbuhkan oleh alam, sehingga energi (chi) jadi kuat dan sempurna. Hingga bisa mengaktifkan energi yang berhenti (stagnan) di sudut ruangan atau di lokasi tertentu. Makanya, rangkaian bambu ini pas diletakkan di sudut ruangan. Sementara pada perayaan Imlek, rangkaian bambu rezeki biasanya laris manis di pasaran. Masyarakat Tionghoa percaya, adanya rangkaian bambu di dalam rumah akan mendatangkan rezeki.

Dracaena mudah dibiakkan dengan stek batang. Bagian batang dipotong sepanjang 20 cm, lantas disemai di media pasir basah. Seminggu kemudian tumbuh akar dan tunas. Ia termasuk tanaman bandel. Bisa ditanam di dalam maupun di luar ruangan. Tahan cahaya sinar matahari langsung maupun tempat teduh. Medianya tak boleh kekeringan. Dracaena butuh cukup air.

Jika ditanam di pot, medianya campuran tanah, pasir, dan pupuk kandang (1:1:1). Dracaena cepat tumbuh, sehingga perlu sering ganti pot. Jika akarnya sudah berdesakan, tanaman tidak subur dan menguning.

Tumbuhan ini mudah dipotong-potong lantas dibikin rangkaian bamboo emerald alias bambu rezeki. Perawatan bambu rezeki sedikit beda dengan Dracaena dalam pot. Lebih sederhana, yaitu cukup ditambah air jika medianya mulai kering. Jangan sampai kekeringan terlalu lama, karena rangkaian bisa mati. Rangkaian ini tahan diletakkan dalam ruang selama berbulan-bulan. Jika tunas sudah besar dan tak bagus lagi, bisa dibongkar. Batangnya jangan dibuang, bisa ditanam laiknya bibit dari stek. Rangkaian bambu rezeki sering terkena busuk batang. Ini karena bakteri dan air tak bersih. Makanya untuk menyiram, sebaiknya gunakan air bersih dan bebas bahan kimia yang merusak.
LINK SPONSOR

loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengenal Tanaman Bambu Rezeki Atau Bambu Hoki"