loading...

BAIK BURUKNYA MEWARNAI RAMBUT

Berapa banyak wanita yang mengecat rambut mereka?
Sekitar 75 persen atau tiga dari empat perempuan. Beberapa melakukannya untuk menutupi uban atau warna abu-abu pada rambut mereka, atau juga sebagai pernyataan fashion. Beberapa lagi, sekadar ingin perubahan.


Jika Anda menggunakan pewarna permanen , bagaimana membuat rambut Anda tetap sehat dan terawat ?
Gunakan shampo khusus dan kondisioner untuk meminimalkan kerusakan. Cat rambut permanen menyebabkan kerusakan pada rambut lebih besar daripada jenis pewarna lain. Perubahan kimia rambut melemahkan poros rambut serta membuatnya kering dan rapuh.


Bleaching (pemutihan) rambut akan membuat rambut rontok? 
Bleaching adalah proses menghilangkan warna asli rambut, menjadikan warnanya putih atau putih kekuningan. Bleaching dapat membuat rambut kering dan rapuh, tapi tidak selalu membuatnya rontok.


Berapa lama sebaiknya Anda menunggu pewarnaan setelah pewarnaan sebelumnya ?
Setidaknya empat minggu. Mewarnai rambut terlalu sering dapat menyebabkan kerusakan yang tidak dapat diperbaiki, seperti pecah-pecah dan kering. Untuk mempertahankan warna rambut, Anda hanya perlu mewarnai ulang akar rambut yang baru tumbuh. Rambut tumbuh sekitar 0,3 - 0,4 mm per hari. Itu berarti, dalam empat minggu, akar rambut yang muncul hanya sepertiga inci.


Apa yang bisa merusak rambut yang diwarnai?
Air dan sinar matahari. Ini disebut pelapukan, yaitu kerusakan yang mengarah ke kering dan lelah pada rambut. Untuk melindungi rambut, perhatikan seberapa sering Anda berenang di dalam air yang mengandung klorin atau air asin. Jangan mencuci rambut terlalu sering dan jauhi dari sinar matahari langsung. Sinar UV dapat membuat pudar warna rambut.


Dapatkah pewarna rambut diaplikasikan pada alis mata?
Jangan gunakan pewarna rambut pada alis atau bulu mata Anda. Hal ini dapat menyebabkan reaksi atau alergi yang serius. Memang akan lebih baik jika alis sedikit terang atau lebih gelap dari rambut Anda. Tetapi jika Anda ingin untuk menggelapkannya, cobalah pensil alis, bubuk, atau gel khusus. Anda juga dapat mewarnai alis dengan warna sementara yang Anda terapkan seperti maskara.


Dengan bertambahnya usia, mewarnai rambut lebih disarankan. Benarkah?
Kulit menjadi lebih tipis seiring bertambahnya usia. Anda akan terlihat lebih pucat jika rambut Anda benar-benar gelap. Jika rambut Anda berwarna coklat, ubahlah satu warna lebih terang. Atau jika rambut Anda pirang, buatlah menjadi lebih gelap. Warna rambut yang ringan membuat kulit terlihat bersih.


Berapa banyak pria di atas 40 mewarnai rambut mereka?
Yaitu sebanyak 10 persen. Beberapa pria juga ingin terlihat lebih muda. Sekitar satu dari 10 laki-laki mewarnai rambut mereka. Jumlah tersebut sudah naik selama 10 tahun terakhir , terutama pada laki-laki berusia 50 - 64 tahun.


Berapa banyak bahan kimia yang digunakan dalam pewarna rambut?
Lebih dari 5.000. Semuanya terdapat pada produk bleaching, buffering, dan cooling yang terlibat dengan proses pewarnaan, belum lagi pada proses pembuatan pewarnanya sendiri.


Alergi atau tidak pada jenis pewarna rambut tertentu bisa diketahui ketika Anda bersin atau batuk saat mencium pewarna tersebut?
Tidak. Cara terbaik untuk melihat apakah pewarna tersebut menyebabkan alergi adalah dengan tes patch. Yakni dengan menyeka sedikit pewarna di bagian dalam siku atau di belakang telinga. Lalu, tunggulah dua hari. Jika menghasilkan ruam, berarti Anda alergi.
Apakah baik mencampur produk warna rambut yang berbeda?

Mencampur produk yang berbeda bisa melukai rambut dan kulit kepala Anda. Jika Anda tidak dapat menemukan warna yang Anda suka, serahkan saja pada pekerja salon untuk mencampur warna yang sempurna.


Henna biasanya memberikan nuansa warna apa?
Henna atau biasa dikenal dengan sebutan pacar cina merupakan pewarna alami semi-permanen yang terbuat dari daun dan akar pohon mignonette. Nuansa warna yang ditimbulkannya biasanya cokelat, oranye-cokelat, atau coklat kemerahan. Bahan-bahan lain bisa ditambahkan untuk membuat warna lain, seperti hitam dan biru.


Bahan pewarna yang dilarang di beberapa bagian dunia tetapi diperbolehkan di AS?
Yakni yang mengandung timbal asetat (lead acetate). Biasanya ditemukan pada pewarna yang digunakan oleh pria untuk menutupi rambut abu-abu selama beberapa minggu. Zat ini diklasifikasikan sebagai “ human carcinogen” atau kemungkinan karsinogen pada manusia berdasarkan tes laboratorium hewan. Produk yang mengandung timbal asetat juga dilarang di Eropa dan Kanada. Food and Drug Administration (FDA) mengatakan, jenis pewarna ini bisa digunakan dengan aman jika Anda mengikuti instruksi dengan seksama dan sebaiknya dijauhkan dari anak-anak.


Mengapa pewarnaan semi- permanen cepat memudar?
Proses penyampoan dapat menyapu pigmen. Molekul pigmen di pewarna semi-permanen cukup kecil untuk masuk ke dalam rambut dan memudahkannya langsung terbasuh saat penyampoan pertama. Warna ini akan terus memudar setiap kali Anda mencuci rambut Anda.


Amankah mewarnai rambut ketika sedang hamil?


Ya. Sedikit bahan kimia yang terdapat pada pewarna rambut bisa diserap kulit. Tapi sebagian besar penelitian menunjukkan, sejumlah kecil pewarna tidak akan menyakiti bayi yang sedang berkembang. Beberapa wanita hamil beralih ke highlights karena menggunakan bahan kimia lebih sedikit. Atau agar lebih aman, Anda bisa menggunakan pewarna nabati murni, seperti henna. Jika Anda mewarnai rambut sendiri, pastikan untuk tidak terlalu lama melangsungkan prosesnya dan lakukanlah pada ruangan yang berventilasi baik
loading...

Subscribe to receive free email updates: