loading...

BEGINILAH WAJAH BUMI DARI ANTARIKSA

Bumi sering kali disebut sebagai Planet Biru karena citranya yang tampak biru saat diambil pada siang hari. Akan tetapi, apakah Bumi juga terlihat biru pada malam hari? 


Citra terbaru yang dirilis National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA) menunjukkan bahwa setelah Matahari tenggelam, bila bumi dilihat dari antariksa, akan menyerupai kelereng hitam dengan hiasan glitter keemasan.

Citra yang diambil dengan instrumen di satelit Suomi NPP tersebut dirilis di ajang American Geophysical Union yang diadakan di San Francisco, Selasa (4/12).

"Untuk alasan yang sama dengan kita harus melihat Bumi di siang hari, kita juga harus melihat Bumi pada malam hari. Tak seperti manusia, Bumi tak pernah tidur," kata Steve Miller dari NOAA seperti dikutip Space, Rabu (5/12).

Instrumen yang digunakan untuk menghasilkan citra Bumi kali ini disebut Visible Infrared Imaging Radiometer Suite (VIIRS). Instrumen ini sebenarnya berfungsi untuk menangkap data awan, salju, dan formasi es di saat malam hari.

Alat ini begitu sensitif sehingga cahaya yang dihasilkan oleh lampu-lampu di muka Bumi pun terlihat sangat jelas. Tampak Sungai Nil diterangi oleh cahaya, begitu pula wilayah pantai timur Amerika Serikat.

Citra bumi juga memperlihatkan cahaya yang berasal dari Bulan, aurora, dan api alami. Cahaya itulah yang membuat Bumi terlihat kerlap-kerlip seperti berhias glitter emas.
loading...

Subscribe to receive free email updates: