loading...

Tips Aman Belanja Online

Mayoritas masyarakat kita masih segan atau takut melakukan transaksi online karena tingkat keamanannya dari sistem pembayaran dianggap tak terjamin.

Berikut kami sajikan tips untuk menjamin berbelanja online dapat berlangsung dengan aman dan lancar.
1. Berbelanjalah di toko online yang sudah terkenal
Ada sejumlah search engine (mesin pencarian situs besar, termasuk Google, Yahoo, MSN, Amazon dan CNET yang menyediakan layanan pencarian dan akses ke berbagai situs berbelanja terpercaya. Periksa juga nomor telepon si penjual dan hubungi.

2. Gunakan kartu kredit, jangan debit
Ini satu tips belanja online yang patut diperhatikan: gunakan kartu kredit, bukan kartu debit. Karena kartu kredit biasanya sudah dilengkapi dengan perlindungan terhadap penipuan, kiriman yang hilang dan barang yang rusak serta berbagai masalah lainnya. Pastikan penyedia kartu kredit Anda menawarkan hal itu.

3. Baca baik-baik kebijakan situs web terhadap data pribadi Anda
Seperti kebijakan pengembalian barang. Karena barang yang dibeli tidak bisa dilihat secara fisik, harus ada garansi kalau barang yang dikirim cacat, Anda boleh mengirim barang cacat itu kembali dan tentu saja diganti dengan barang baru. Periksa juga siapa yang membayar pengembalian barang itu.

4. Jangan mudah tergoda barang murah
Jangan buru-buru jatuh cinta pada tawaran barang dengan harga murah yang datang dari e-mail, kecuali memang sedang ada promo menarik, seperti “Promo Buy 1 Get 1 FREE“, promo cuci gudang dalam rangka ulang tahun toko online tersebut, dan sebaginya, dan Anda pun bisa memriksanya lebih lanjut melalui website perusahaan.

5. Pertimbangkanlah cara pembayaran
Pembayaran biasanya dilakukan dengan kartu kredit. Dengan kartu kredit, Anda punya bukti kuat kalau Anda sudah melakukan transaksi kalau barang tidak diantar atau tidak sesuai pesanan. Namun, karena banyaknya pencurian nomor kartu kredit, pembayaran dengan menggunakan sistem seperti PayPal, Transfer Kirim, atau COD (Cash on Delivery/bayar di tempaat) isa dipertimbangkan juga.

6. Periksa harga total.
Harga barang, plus ongkos bungkus (jika dikenakan ke pembeli), plus ongko kirim, mudah-mudahan ada diskonnya.

7. Simpan bukti transaksi
Termasuk deskripsi produk dan harga, kuitansi digital, dan juga salinan e-mail antara Anda dengan penjual.

Semoga bermanfaat yah !!!!!!!!!!!
loading...

Subscribe to receive free email updates: