loading...

DI TITIK INILAH SOEKARNO-HATTA MEMBACA TEKS PROKLAMASI

DI TITIK INILAH SOEKARNO-HATTA MEMBACA TEKS PROKLAMASI
 
Semua orang pasti tahu foto Soekarno-Hatta membacakan teks Proklamasi Kemerdekaan.
Tempat bersejarah itu kini menjadi Taman Proklamator.
Tapi tak banyak yang tahu, dimana persisnya Soekarno dan Moh Hatta berdiri saat itu.

Di sisi kanan Taman Proklamator, ada sebuah tiang dengan bendera dan lambang petir di atasnya. Tiang bendera itu bernama Tugu Petir. Tugu ini dibuat tahun 1961, berbentuk tiang bulatan tinggi berkepala lambang petir bercat putih.

Bendera Merah Putih berkibar di atas tugu. Semburat awan cantik dari langit menaungi tugu bersejarah ini. Banyak yang menganggap tugu ini angin lalu belaka tanpa tahu akan pentingnya makna tugu yang berdiri tegak di tengah Taman Proklamator itu.



Padahal, Tugu Petir ini untuk menandai posisi berdirinya Soekarno dan Hatta saat membacakan naskah Proklamasi. Pada tugu itu ada tulisan yang berbunyi 'Di sinilah Dibatjakan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia Pada Tanggal 17 Agustus 1945 Djam 10.00 Pagi Oleh Bung Karno dan Bung Hatta'.


Merdeka! Di sinilah Bung Karno beserta Bung Hatta mengumandangkan Teks Proklamasi. Kobaran semangat jiwa kemerdekaan begitu membara ketika berada di sini. Betapa pentingnya merasakan Kemerdekaan Indonesia benar-benar di titik awalnya.



Namun pantauan detikTravel saat mengunjungi tempat ini, Selasa (13/8/2013) sore banyak pengunjung yang tidak menyadarinya.
"Itu kan cuma tiang bendera biasa. Masa itu tugu sih, Mbak?" kata Helen, seorang pengunjung.

Retno pengunjung lain, pun melontarkan jawaban yang sama dengan Helen.
"Nggak tahu, memang itu tugu apaan ya?" jawab Retno sambil mengarah ke hadapan tugu.



Anak-anak setempat yang biasa bermain ke Taman Proklamator pun rupanya juga belum menyadarinya. "Saya nggak tahu sih, ngga pernah merhatiin. Cuma main doang kalau ke sini, soalnya ramai," kata Bagas dan Aldi.

Nah, untuk yang mau napak tilas kemerdekaan di Taman Proklamator, jangan lewatkan Tugu Petir ya.
Resapilah semangat untuk menjadi bangsa yang merdeka dari titik dimana negeri ini dilahirkan.

loading...

Subscribe to receive free email updates: