Menunda-nunda pekerjaan adalah hal yang paling sering dilakukan banyak
orang. Rasa malas atau terganggu karena keasikan melakukan hal lain,
seperti main game misalnya, jadi penyebab paling umum.
life123.com
Gawatnya, kalau sering menunda pekerjaan maka akibatnya bisa merembet ke
hal lain. Kita bisa kena marah guru, atasan di kantor, orang tua, atau
siapa saja yang kecewa dengan hasil kerjaan kita.
Yang paling utama harus kita miliki adalah: niat dan tekad, disiplin,
dan manajemen waktu. Sekadar niat tanpa disiplin hanya jadi mimpi. Oleh
karena itu harus punya tekad kuat agar tetap fokus pada tugas yang harus
diselesaikan.
Biasakanlah menulis daftar yang harus dikerjakan, what to do list
, agar manajemen waktu bisa berjalan dengan tepat. Dulu, beberapa orang
sukses selalu menulis apa yang harus dikerjakan setiap menjelang tidur
dalam agenda atau papan what to do list, sehingga saat bangun pagi mereka sudah siap mengerjakan apa yang sudah tertulis.
christian-homemaking.com
Sekarang kita sudah dimanjakan teknologi. Note atau calendar pada ponsel bisa jadi alat pengingat yang manjur.
Berikutnya, ada lagi hal-hal lain yang perlu diingat, yakni:
1. Bagi dan atasi tugas. Pecah tugas-tugas berat dan menakutkan menjadi tugas-tugas kecil yang lebih bisa dikerjakan
2. Mulailah harimu untuk mengerjakan tugas yang paling sulit atau paling
nggak kamu sukai. Sisa harimu akan terasa lebih mudah. Poin ini berkait
dengan poin ke 3, bila kita yang mengatur pekerjaan, kita bisa memilih
yang paling susah agar berikutnya lebih mudah. Terkadang, tetap harus
fleksibel, kalau memang tugas ringat membuat suasana hati bertambah
baik, ya kerjakan dulu yang termudah hingga tersulit.
3. Tentukan target yang realistis, tapi jangan terlalu kaku. Tetaplah bersikap flesibel.
4. Mulailah mengerjakan sekarang juga. Jangan menunggu hingga kamu
merasa siap betul. Ingat, tanamkan moto ini dalam diri, "Mulai sekarang
juga!"
5. Tulis daftar tugas cadangan. Hal-hak yang ingin kamu lakukan kalau
ada waktu. Begitu kamu miliki, kamu pasti punya waktu untuk mengerakan
tugas-tugas cadangan tersebut.
srikumar.com
6. Singkirkan semua hal yang mengganggu konsentrasimu dari ruang
kerjamu. Singkirkan makanan, TV, majalah, permainan, internet, dan
godaan-godaan lain. Coba belajar dari petuah ibu atau nenek, kalau
belanja ke pasar tulis apa yang harus dibeli supaya tidak lupa dan tidak
beralih membeli yang lain. Demikian juga dengan pekerjaan, belajarlah
terus untuk disiplin dengan daftar pekerjaan yang sudah ditulis.
7. Sisihkan lebih banyak waktu untuk satu tugas. Sebagai contoh, kalau
menurutmu menulis essai butuh waktu 2 jam, maka alokasikan 3 atau bahkan
4 jam untuk mengerjakannya.
8. Sadarilah bahwa tugas mengarang, tugas sekolah, atau apapun yang kamu
lakukan gak mungkin sempurna. Kalau kamu memahami hal ini, kamu gak
akan takut merasa gagal lagi. Nah, ini terkait dengan sifat
perfeksionis, segala sesuatu mesti sempurna. Memang bagus menjadi yang
terbaik, namun bukan berarti menghabiskan banyak waktu untuk masalah
sepele, atau karena timbul perasaan, "ingin dipuji orang" atau "apa
nanti pendapat orang tentang saya?"
9. Yang terakhir ini untuk menambah semangat kita. Catat perkembangan
yang kamu dapat dalam buku. Tulis semua tugas yang sudah kamu selesaikan
tiap hari. Baca berulang-ulang dan kamu boleh merasa bangga dengan
prestasimu ini. Saat libur, manjakan diri sebagai penghargaan atau
reward karena berhasil dengan semua tugas.
10. Jangan lupa doa. Pekerjaan apa pun bila selalu dikerjakan dalam doa
menambah kekuatan bagi diri untuk segera menyelesaikan tugas dengan
sebaik mungkin.
Disiplin waktu dan menulis what to do list terkadang membosankan,
namun kalau kita membiasakan hal ini, maka menjadi terbiasa. Dengan
terbiasa disiplin, banyak loh, hal baik yang akan didapat.
Ingat, Jepang, Korea, dan Cina bisa menjadi negara maju karena mereka
mengembangkan budaya disiplin. Tak usah menunggu dan melihat orang lain,
lakukan saja sekarang mulai dari diri kita sendiri, siapa tahu nantinya
menular ke orang lain. Hasilnya, kalau semua orang Indonesia menerapkan
manajemen waktu yang tepat, Insya Allah negara ini menjadi negara yang
lebih baik.
Sumber:
loading...
0 Response to "Tips Supaya Pekerjaan Selesai Pada Waktunya"
Posting Komentar