loading...

TENTARA SINGAPURA DIMANJA PEMBANTU?

Prajurit Singapura

Prajurit angkatan bersenjata Singapura tiba-tiba menjadi sorotan masyarakat negara kota itu, setelah beredar foto seorang pembantu rumah tangga membawakan ransel seorang tentara.

Dalam foto itu tentara berseragam berjalan di depan dan di belakangnya, pembantu perempuan itu terlihat membawa ranselnya.

Foto yang awalnya dipasang di facebook ini kemudian menjadi pokok bahasan di forum-forum sosial di internet dan akhirnya menjadi besar setelah diangkat menjadi berita situs gaya hidup Singapura, Stomp!.

Reaksi masyarakat beragam, ada yang menganggap ini lucu dan ada yang menggunakan foto ini sebagai bukti bahwa generasi prajurit sekarang ini terlalu "lunak".

Ada yang mengatakan, kenapa tidak pembantunya saja sekalian yang ikut wajib militer? Yang lain mengatakan, kalau prajurit tidak bisa mengangkat ranselnya sendiri, bagaimana kita bisa mengandalkan diri pada prajurit ini untuk mempertahankan Singapura.

"Saya kira ini satu insiden yang unik karena satu kasus. Tetapi secara umum ini mencerminkan keadaan hidup di Singapura. Masyarakatnya mungkin sudah terlalu tergantung pada pembantu yang datang dari negara luar seperti Indonesia dan Filipina," kata pengamat sosial dari Universitas Rajaratnam Singapura, Ahmad Farish Noor kepada BBCIndonesia.com

"Jelas kita lihat keadaan hidup di Singapura, bersih, enak. Tapi siapa yang membersihkan itu semua, itu kan dilakukan oleh pekerja asing".

Ramainya perdebatan dan pemberitaan yang dipicu oleh foto ini, mungkin juga mencerminkan kegelisahan masyarakat Singapura melihat generasi mudanya yang semakin manja dan sangat tergantung pada pelayan.

Suratkabar The Strait Times mengutip departemen pertahanan Singapura yang mengatakan akan menyelidiki persoalan ini karena foto ini sekarang sudah dipakai untuk menjadi dasar poster mengolok-olok tentara Singapura.

loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "TENTARA SINGAPURA DIMANJA PEMBANTU?"